Apa saja Jalur Masuk Universitas Palangka Raya 2020?
Jalur Masuk Universitas Palangka Raya 2020

Selasa, 02 Jun 2020 | 12:43:03 WIB


Apa saja Jalur Masuk Universitas Palangka Raya 2020?

Universitas Palangka Raya merupakan perguruan tinggi negeri pertama dan tertua di Provinsi Kalimantan Tengah. Buat kalian yang tinggal di sekitaran Kalimantan Tengah, Universitas Palangka atau nama trendnya sekrang UPR bisa menjadi kampus pilihan terbaik untuk kamu. UPR Terdiri dari 8 Fakultas yaitu yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran serta Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan 1 Program Pascasarjana, UPR  membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2020/2021 ini. Jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri di UPR ini, berikut info seputar jalur masuk UPR tahun ajaran 2020/2021 yang mungkin bisa jadi referensi :

 

Jalur SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan jalur penerimaan mahasiswa program sarjana yang dikhususkan bagi siswa yang lulus pada tahun 2020 dan menggunakan mekanisme penilaian raport. Proses SNMPTN pada tahun ini telah dimulai dengan melakukan registrasi akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang dilakukan pada 2 Desember 2019 hingga 9 Januari 2020 lalu. Jalur SNMPTN ini merupakan jalur nasional pertama yang dibuka untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri dan kemudian baru disusul dibukanya SMBPTN hingga Jalur Mandiri. Kerap disebut sebagai Jalur Undangan, peserta SNMPTN nantinya tidak akan mengikuti tes.

Ketentuan Umum dan Persayaratan

  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Persyaratan Khusus

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN:

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN;
  2. mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN:

  1. siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul.
  2. memiliki NISN yang terdaftar di PDSS;
  3. memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun;
  4. memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:

  1. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
  2. memiliki akun di LTMPT; dan
  3. dinyatakan lulus SNMPTN 2020;
  4. lolos verifikasi data serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Tahapan Mengikuti SNMPTN

Registrasi Akun LTMPT

  1. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020.

Pengisian Data PDSS

  1. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  2. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
  3. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui https://portal.ltmpt.ac.id.
  4. Pengisian Data PDSS oleh Sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.

Pemeringkatan

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  2. Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
    Akreditasi A : 40 %
    Akreditasi B : 25 %
    Akreditasi C dan lainnya 5 %
  3. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (1).
  4. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  5. Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2020 sesuai jumlah yang ditetapkan pada butir (2) dari tanggal 13 Januari 2020 – 06 Februari 2020.
  6. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana butir (2).
  7. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS

Pendaftaran SNMPTN

  1. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh Sekolah, menggunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  4. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN

  • 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020
    Registrasi Akun LTMPT
    Registrasi akun SSO LTMPT dilakukan di halaman https://portal.ltmpt.ac.id sebelum melakukan pendaftaran SNMPTN (diperpanjang hingga 9 Januari 2020, pukul 17.00).
  • 13 Januari – 06 Februari 2020
    Pengisian Data PDSS
    Pengisian ini dilakukan oleh sekolah. Pastikan bahwa data yang dimasukkan adalah benar. (Perubahan informasi, pengisian PDSS dilakukan pada tanggal 15 Januari hingga 8 Februari 2020)
  • 13 Januari – 06 Februari 2020
    Pemeringkatan oleh Sekolah
    Pada saat pengisian data PDSS juga akan dilakukan pemeringkatan.
  • 13 Januari – 06 Februari 2020
    Pengumuman Siswa yang Eligible mendaftar SNMPTN
    Selesai pemeringkatan, siswa dapat mengetahui apakah layak untuk mendaftar SNMPTN atau tidak. Jika tidak layak, jangan kuatir, masih ada SBMPTN, Jalur Seleksi Mandiri untuk masuk UPR Palangkaraya .
  • 11 – 25 Februari 2020
    Pendaftaran SNMPTN
    Jika sudah layak, lakukan pendaftaran melalui halaman LTMPT dan pilih Program Studi yang Anda inginkan di UPR Palangkaraya Jangan lupa berdoa di tahap ini.
  • 04 April 2020
    Pengumuman Hasil SNMPTN
    Periksa pengumuman yang dilakukan oleh LTMPT dan juga UPR .

 

Jalur SBMPTN

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa di Universitas Palangka Raya yang bisa kamu pilih. SBMPTN sendiri menggunakan mekanisme UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Oleh karena itu, informasi mengenai UTBK akan selalu berkaitan erat dengan SBMPTN. Adapun berikut ketentuan hingga tahapan SBMPTN Universitas Palangka Raya 2020 yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

 

Materi UTBK

UTBK menggunakan soal-soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik berkenaan dengan pengembangan tes untuk mengukur kemampuan dasar dan memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan penalaran berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah. TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

 

Kelompok Ujian pada UTBK

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok sebagai berikut:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi);
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi);
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

 

Ketentuan Umum dan Persyaratan

Ketentuan Umum

SBMPTN 2020 merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN atau PTKIN di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di bawah koordinasi LTMPT dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Persyaratan

  1. Persyaratan mengikuti jalur SBMPTN sebagai berikut.
  2. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020, atau lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019, atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan
  3. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah.
  4. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 harus memiliki ijazah.
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses
  6. Memiliki Nilai UTBK
  7. Mempunyai akun di LTMPT
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020

 

Tahapan Mengikuti SBMPTN

Registrasi Akun LTMPT

  1. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020 (jika mengikuti SNMPTN terlebih dahulu).
  3. Pendaftaran akun LTMPT untuk mendaftar UTBK dan SBMPTN dilakukan pada tanggal 07 Februari – 05 April 2020

Tahapan mengikuti SBMPTN adalah sebagai berikut

  1. Pendaftaran SBMPTN 2020 dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Mengisi Biodata (kecuali bagi yang sudah terdaftar di SNMPTN 2020).
  3. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua
  4. Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman https://download.ltmpt.ac.id.
  5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2020.

Portofolio untuk SBMPTN

Khusus untuk pendaftar Program Studi bidang Seni dan Olahraga, peserta wajib mengunggah portofolio sebagai materi tambahan untuk proses seleksi dalam SBMPTN 2020. Jenis Portofolio SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut (apabila ada tambahan jenis portofolio akan diinformasikan melalui website resmi LTMPT).

  • Portofolio Olahraga
  • Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya
  • Portofolio Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari)
  • Portofolio Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama)
  • Portofolio Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik)
  • Portofolio Seni Karawitan
  • Portofolio Etnomusikologi
  • Portofolio Fotografi
  • Portofolio Film dan Televisi
  • Portofolio Seni Pedalangan

 

Biaya SBMPTN

Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.

  • Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
  • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.
  • Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya

 

Jadwal Pelaksanaan UTBK & SBMPTN

Kegiatan Waktu
Registrasi Akun LTMPT 17 Februari - 5 April 2020
Pendaftaran UTBK dan SBMPTN  2 Juni - 20 Juni 2020
Pelaksanaan UTBK  5 Juli - 12 Juli 2020
Pengumuman SBMPTN  25 Juli 2020

 

Untuk info terbaru tentang SBMPTN dan UTBK dapat di lihat pada website resmLTMPT

 

Peserta Pelamar Program Bidikmisi / KIP

  1. Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2020, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  6. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020.

 

Jalur Seleksi Mandiri

Seleksi Mandiri merupakan seleksi masuk Universitas Palangka Raya yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Palangka Raya. Pembiayaan penyelenggaraan seleksi mandiri ini akan dibebankan kepada peserta seleksi,  Untuk mendapatkan detail jenis seleksi mandiri dan waktu pelaksanaan dapat dilihat lebih detail di website SMMPTN BARAT . dan untuk pendaftaran SMMPTN bisa melalui link ini



Senin, 01 Jun 2020, 12:43:03 WIB 650 View
Sosisalisasi pendaftaran UTBK SBMPTN 2020
Jumat, 29 Mei 2020, 12:43:03 WIB 1045 View
Hal - hal yang perlu diperhatikan pendaftar UTBK-SBMPTN